Jenis Lokomotif Kereta api Indonesia yang digunakan PT. KAI

Jenis Lokomotif  Kereta api Indonesia yang digunakan PT. KAI

Jenis Lokomotif  Kereta api Indonesia yang digunakan PT. KAI

Sahabat pecinta kereta api Indonesia (KAI) berikut motospes akan menginfokan berbagai jenis lokomotif yang dipakai PT. KAI dari yang paling top (CC300) sampai yang terjadul. Tidak usah basa-basi mari kita to the point saja.  



  • Lokomotif CC300

Lokomotif CC300 adalah seri lokomotif terbaru yang berada di Indonesia. Lokomotif ini dibuat oleh PT INKA desain dan integrasi sistemnya murni hasil pemikiran engineer Indonesia.
Kecepatan maksimalnya adalah 120 km/jam, power outputnya adalah 2500 HP dan memiliki traksi effort sebesar 270 KN untuk starting.
Saat ini sudah ada 3 lokomotif CC300 yang dibuat oleh PT INKA dan sedang menjalani test run di pabrik INKA. Direncanakan lokomotif ini akan ditempatkan di beberapa dipo lokomotif yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.




  • CC206

Lokomotif CC206 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan General Electric, Amerika Serikat. Lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di ujung muka dan belakang seperti halnya lokomotif listrik pada umumnya.
Lokomotif CC206 diperuntukkan untuk angkutan barang di Pulau Jawa dan diproyeksikan untuk mengganti beberapa tugas lokomotif CC201 dalam menarik kereta barang dengan kecepatan maksimum 120 km/jam. Keluaran dayanya 2165-2750 HP dan memiliki berat 85 ton.




  • CC205

Lokomotif CC 205 (EMD GT-38-ACe) adalah lokomotif terbaru di Indonesia buatan General Motors, Kanada. Lokomotif CC205 adalah lokomotif terberat di Indonesia yaitu 110 ton.
Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Armada lokomotif ini hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut batu bara.
Lokomotif ini berjumlah 39 buah dan berada di Dipo Lokomotif Tanjung Karang (Dipo Induk TNK). Pada bulan April, dipo ini kedatangan 3 buah lokomotif CC205, dan total menjadi 05 buah. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 2550 HP.

  • CC204-Batch2

Lokomotif CC204 batch 2 adalah sejenis lokomotif yang dirakit khusus di Indonesia, yaitu hasil kerja sama antara PT General Electric Lokomotif Indonesia yang merupakan perusahaan kerja sama antara General Electric Transportation dengan Industri Kereta Api Madiun (INKA) dengan mesin seri GE-C20EMP.
Lokomotif ini berbeda dengan CC203 dan CC 204 batch 1, perbedaan CC203 dengan CC204 batch 2 adalah CC203 memiliki lambang Dishub pada hidungnya sedangkan CC204 batch 2 ini tidak ada.
Lokomotif ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yang bentuknya seperti CC201, dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203. Lokomotif ini memiliki daya tarik hingga 20 gerbong.

  • CC204-Batch1

Lokomotif CC204 batch 1 adalah sejenis lokomotif yang dirakit khusus di Indonesia, yaitu hasil kerja sama antara PT General Electric Lokomotif Indonesia yang merupakan perusahaan kerja sama antara General Electric Transportation dengan Industri Kereta Api Madiun (INKA) dengan seri mesin GE-U18Mmi.
Lokomotif ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yang bentuknya seperti CC201, dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203.
Lokomotif ini mempunyai komponen komputer Brightstar Sirius yang dikembangkan oleh General Electric sehingga lokomotif jenis ini mampu memitigasi kerusakan sekitar 45 menit sebelum kerusakan itu terjadi. Lokomotif ini memiliki daya tarik hingga 12 gerbong.
Kecepatan maksimal lokomotif yang diperbolehkan adalah 120 km/jam.

  • CC203

Lokomotif CC203 buatan General Electric dengan seriGE-U20C merupakan pengembangan desain dari lokomotif CC201, yaitu pada bentuk kabin masinis ujung pendek yang aerodinamis, serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang liar.
Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150 HP.

  • CC202

Lokomotif CC 202 adalah lokomotif buatan General Motors, Kanada. Lokomotif CC202 adalah lokomotif terberat di Indonesia ke 2 yaitu 108 ton.
Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Armada lokomotif ini hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut batu bara.
Lokomotif ini berjumlah 39 buah dan berada di Dipo Lokomotif Tanjung Karang (Dipo Induk TNK). Pada bulan April, dipo ini kedatangan 9 buah lokomotif CC202, dan total menjadi 48 buah. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 2250 HP. 

  • CC201

Lokomotif CC201 adalah lokomotif buatan General Electric jenisGE-U18C. Dibanding lokomotif tipe sebelumnya yaitu CC200, maka tipe CC201 mempunyai konstruksi yang lebih ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 HP. Di Indonesia, saat ini ada 135 loko CC201 yang masih beroperasi.



  • CC200

Lokomotif CC200 adalah lokomotif diesel pertama di Indonesia, buatan pabrik General Electric tahun 1953.
Lokomotif diesel elektrik dengan berat 96 ton ini dipesan oleh Indonesia sebanyak 27 buah. Lokomotif CC200 yang tersisa sekarang berada di Dipo Lokomotif Cirebon yaitu CC20015 yang masih dirawat dengan baik untuk dilestarikan. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1750 HP.




  • BB204

Lokomotif BB 204 merupakan satu-satunya lokomotif di Indonesia buatan Eropa, yaitu SLM yang khusus dioperasikan pada jalan rel bergigi.
Lokomotif ini sudah ada di Indonesia sejak 1981. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230 HP. Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II Sumatra Barat.



  • BB203

Lokomotif BB 203 buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik yang mulai beroperasi sejak tahun 1978. Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201.Untuk membedakan yang mana lokomotif hasil rehabilitasi BB 203 menjadi CC 201, huruf belakang tulisan nomor loko yang di-rehab adalah R. Contoh: CC 201 73R.



  • BB202

Lokomotif buatan General Motors mulai beroperasi sejak tahun 70-an. Lokomotif yang mempunyai satu kabin masinis ini tidak memiliki hidung (nose) dan sangat pendek ukurannya.
Lokomotif dengan sisa 6 lokomotif yang dapat beroperasi ini terdapat di dipo lokomotif Kertapati untuk dinasan kereta penumpang dan kereta barang.



  • BB201

Lokomotif BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe kedua yang sudah dioperasikan sejak tahun 1964. Lokomotif ini berdaya 1425 HP.




  • BB200

Lokomotif buatan pabrik General Motors ini sudah digunakan di Jawa sejak akhir tahun 1957. Lokomotif ini memiliki daya mesin sebesar 950 HP dengan berat lokomotif ini sebesar 75 ton. Kecepatan maksimum 110km/jam.



  • BB306

Lokomotif yang dipunyai oleh Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota ini, kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK).
Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an. Namun sayang, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang. Lokomotif ini hanya terdapat di Stasiun Jakarta Kota (dipo lokomotif Tanah Abang, dipo lokomotif Medan, dan dipo lokomotif Padang.


  • BB305 CFD

Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis yang mulai dinas di Indonesia sejak 1978.
Dengan daya mesin sebesar 1550HP, dipergunakan untuk dinasan kereta barang.

  • BB305 Jenbacher

Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.



  • BB30501 Nippon Sharyo

Lokomotif buatan pabrik Nippon Sharyo, Jepang ini mulai dinas sejak 1976. Dengan daya mesin sebesar 320 HP.
Hanya digunakan untuk langsir kereta barang di emplasemen pabrik semen Nusantara dengan kecepatan maksimum yaitu 55 km/jam. Namun sayang, karena sudah lama lokomotif tidak beroperasi hingga sekarang masih teronggok di salah satu sudut area pabrik semen Nusantara, Cilacap.

  • BB304

Lokomotif buatan pabrik Fried Krupp, Jerman ini mulai dinas sejak 1976. Dengan daya mesin sebesar 1550 HP dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.

  • BB303

Lokomotif buatan pabrik Henschell, Jerman ini mulai dinas sejak 1973. Dengan daya mesin sebesar 1010 HP ( beberapa unitnya bertenaga 1200-1300 HP ).
Biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang dan barang dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam. Terdapat 57 lokomotif BB303 di Indonesia, namun ada yg sdh tidak beroperasi karena faktor usia, ketidaktersediaan suku cadang pengganti, & rusak berat.




  • BB302

Lokomotif buatan pabrik Henschell, Jerman ini mulai dinas sejak 1970. Dengan daya mesin sebesar 900 HP dan setelah di re-powering memiliki daya sekitar 1000 HP, biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang maupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 80 km/jam.

  • BB301

Lokomotif buatan pabrik Fried Krupp, Jerman ini mulai dinas sejak1964.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Biasa digunakan untuk langsir kereta dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
Di Indonesia, terdapat 55 buah lokomotif BB301, namun banyak di antaranya yang sudah tidak beroperasi karena banyak dari mereka yang mengalami rusak berat dan ada pula yang sudah uzur termakan usia. 



  • BB300

Lokomotif buatan pabrik Fried Krupp, Jerman ini mulai dinas sejak 1958. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP ini biasa digunakan untuk langsiran kereta dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam.



  • D301

Lokomotif buatan pabrik Fried Krupp, Jerman ini mulai dinas sejak 1962 yang merupakan tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP ini biasa digunakan untuk melangsir kereta penumpang ataupun kereta barang dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.



  • D300

Lokomotif buatan pabrik Fried Krupp, Jerman ini mulai dinas sejak1968.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang dan barang dengan kecepatan maksimum yaitu 50 km/jam. Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Cepu dan dipo lokomotif Cilacap.

  • C301

Lokomotif C301 adalah Lokomotif buatan NCM-Holland,Belanda yang berkekuatan 210 HP. Namun,C301 hanya beroperasi hingga tahun 1970.
Loko ini berdaya 210 HP.

  • C300

Lokomotif buatan pabrik Karl Marx, Jerman ini mulai dinas sejak 1957.
Lokomotif berdaya mesin sebesar 330 HP ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang dengan kecepatan maksimum yaitu 30 km/jam.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Tanah Abang dalam kondisi diusulkan untuk diafkir. Sementara loko C 300-11 masih digunakan sesekali untuk menarik gerbong kereta wisata di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Perkeretaapian

7 Foto langka sejarah kereta api Indonesia, jadul tapi memukau banget